Tuesday 25 August 2020

Pisau Simalungun Yang Sudah Bisa Anda Pesan di Jakarta

 

pisau torjang pangobos

Pisau merupakan benda tajam yang dahulu kala sering sekali dipakai sebagai alat untuk perang maupun sebagai alat perlindungan diri. Disamping sebagai alat untuk berperang pisau juga memiliki banyak kegunaan, antara lain alat untuk bekerja seperti memotong kayu saat bertukang, atau alat untuk memotong hasil panen maupun membersihkan semak belukar. Untuk kebutuhan rumah tangga pun pisau pasti akan selalu tersedia khususnya di dapur masak.

Ternyata pisau memiliki bentuk, ciri dan model masing-masing di berbagai daerah. Kabupaten Simalungun yang pada jaman dahulu dikenal memiliki beberapa wilayah kerajaan juga memiliki ciri dan model pisau tersendiri. 

Ini dia 3 jenis pisou (pisau) dari berbagai jenis (pisou) pisau simalungun yang biasa digunakan warga Simalungun

1. Pisau Torjang Pangobos

(Pisau) Pisou Torjang Pangobos biasanya dipergunakan oleh paragat (orang yang bekerja untuk mengambil tuak). Tuak merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang hasil fermentasi dari pohon enau. Selain itu pisau (pisou) torjang pangobos pasti akan selalu dibawa oleh parhobas (anak boru jabu) dalam acara adat Simalungun. Seturut dengan perkembangan jaman dan semakin banyaknya pengrajin pisau maka keberadaan pisau (pisou) torjang pangobos sudah mulai terabaikan terkhusus di daerah perkotaan. Seperti Medan, Jakarta dan kota kota besar lainnya. Apalagi aktivitas yang namanya (marjagal) menyembelih hewan dan memotong daging nya untuk kebutuhan acara pesta adat bisa dikatakan sudah tidak jamannya lagi di kota kota besar. 

Namun demikian sebenarnya tidak sedikit juga yang masih menginginkan atau memiliki pisau tersebut untuk keperluan tertentu bahkan mungkin untuk koleksi. 
 
Masalah ketajaman pisau simalungun torjang pangobos ini bisa disaksikan dalam tampilan video dibawah ini


2. Pisau Torjang Etek

(Pisau) pisou torjang etek ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Pisou Torjang Pangobos. Hanya kegunaannya yang sedikit berbeda pada jamannya. Pisau torjang etek memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Pisau Torjang Pangobos. 


3. Pisau Parang Raya

Pisau Parang Raya pada jamannya sebenarnya lebih banyak digunakan untuk aktivitas berkebun atau pun bertani seperti untuk memotong kayu, ranting-ranting kecil ataupun semak-semak. Pisau ini memiliki ciri dengan ujungnya yang justru lebih melebar dibanding pangkalnya. 



Itulah 3 jenis (Pisou) Pisau Simalungun dari beberapa jenis pisau yang menjadi ciri khas senjata tajam yang berasal dari Kabupaten Simalungun.

Dan bagi anda yang berminat untuk memiliki pisau tersebut khususnya buat warga Jabodetabek kini anda tidak perlu pusing lagi untuk memesannya dari Tanah Simalungun karena kini anda sudah pesan hanya di Tigatiga Boniaga Jaya. Pemesanan dilakukan secara online melalui aplikasi startup dengan nama 33 Buy-A. 


Aplikasi 33 Buy-A sudah bisa anda download di Google Playstore. Silahkan Download-Register-Login dan pesan pisau keinginan anda. Selain memesan Pisau Torjang Pangobos di aplikasi ini anda juga bisa memesan Beras Merah Sigambiri, beras merah asli dari Simalungun. 


No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia