Friday 21 August 2020

BERAS MERAH SIGAMBIRI-PADI VARIETAS LOKAL DARI SIMALUNGUN YANG HAMPIR PUNAH

 


Beras merah SIGAMBIRI merupakan salah satu beras hasil olahan dari padi gogo varietas lokal yang sudah dirilis dilepas oleh Kemeterian Pertanian Republik Indonesia sebagai salah satu varietas unggul lokal dengan keputusan Menteri Pertanian RI No. 617/Kpts/TP.030/9/2016.


Padi varietas Sigambiri ini bisa ditanam mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dan sangat toleran terhadap suhu dingin. Umur tanaman di dataran tinggi berkisar antara 5- 5,5 bulan sedangkan di dataran rendah bisa mencapai 4 bulan.

Potensi produksi rata-rata padi varietas Sigambiri sekitar 4,84 ton per hektar. padi ini sangat tahan terhadap serangan penyakit blas. 

Beras merah Sigambiri memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antosianin sebesar 567, 15 ppm, vitamin B12 sebesar 0,12 mg per 100 gram dan vitamin B1 sebesar 0,02 mg per 100 gram.

BERAS MERAH SIGAMBIRI
Dengan kandungan serat yang tinggi, beberapa pengalaman orang yang telah mengkonsumsi nasi dari beras sigambiri ini mengatakan jika makan dengan nasi sigambiri ini pada pagi hari maka bisa tahan seharian tanpa terasa lapar. Dengan memakan nasi dari beras sigambiri ini maka cukup dengan tambahan lauk sederhana dan sayur seadanya saja rasanya sudah sangat nikmat sekali

Saat ini produksi beras sigambiri ini bisa dikatakan sudah sangat terbatas sekali. Hal ini disebabkan permintaan akan beras sigambiri ini memang tidak sebanyak permintaan beras secara umum. Agar produksi beras ini bisa meningkat maka tentunya permintaan pasar juga harus tinggi. 

Hal tersebutlah yang menggerakkan jika saat ini pemesanan beras merah sigambiri ini sudah bisa dipesan di Jakarta dan sekitarnya, dan pemesanannya juga tidak terlalu merepotkan karena pemesanan cukup dilakukan secara online.

PT. Tigatiga Boniaga Jaya dengan aplikasi androidnya yang bernama 33 Buy-A sudah menyediakan pemesanan beras merah sigambiri. Silahkan download aplikasinya, register dan pesan beras merah sigambiri.


 




No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia