Saturday 2 June 2018

8 POINT YANG HARUS KAMU PAHAMI SEBELUM MULAI MENDIRIKAN CAFE COFFEE

KODEI COFFEE bisa jadi merupakan salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan asal para perencana bisnis ini memahami betul bagaimana cara mengembangkannya. Pertumbuhan COFFEE SHOP saat ini sangat cepat sekali perkembangannya. Baik itu Coffee shop skala besar maupun skala kecil. Coba perhatikan saat anda masuk ke Giant, Alfamidi, Indomart, Circle K dan minimarket lainnya pasti rata rata sudah memiliki Coffe corner.

Demikian juga ketika kita memasuki rest area jalan tol hampir tiap sudut terdapat gerai kopi. Belum lagi cafe cafe yang memang khusus sebagai CAFE COFFEE. Hanya saja masing masing pasti akan memiliki standar dan pasar yang berbeda-beda.

Tertarik untuk menjadi pengusaha CAFE COFFEE...??

Membuka coffee shop tentu tidaklah semudah cara menyeduh kopi. Banyak aspek yang harus diperhatikan ketika anda ingin menekuni bisnis ini. Modal Cuma salah satu aspek.  8 point ini merupakan aspek yang harus benar benar dipahami saat akan mendirikan CAFE COFFEE.

1. PERENCANAAN BISNIS YANG BENAR BENAR MAPAN
Bagaimana business plan anda rancang harus benar benar dimatangkan terlebih dahulu. Bagaimana model ataupun bentuk gerai kopi yang akan didirikan. Bagaimana caranya agar CAFE COFFEE ini memiliki profit yang tinggi. Siapa yang menjadi target market anda. Pelajari kekuatan dan kelemahan kompetitor. Inovasi seperti apa yang direncanakan. Langkah apa yang harus diambil ketika mengalami permasalahan dimasa yang akan datang.


2.  KONSEP CAFE
Konsep apa yang akan mencirikan CAFE COFFEE anda nantinya. Dengan konsep yang sudah dibuat tentunya akan lebih mudah untuk memikirkan gambaran interior cafe anda nantinya, demikian juga untuk menentukan target market yang akan disasar. Buat konsep yang jelas terlebih dahulu sebelum melangkah ke step berikutnya.


3.  INTERIOR
Berawal dari konsep yang sudah matang tentunya akan lebih mudah untuk mendesain interior CAFE COFFEE anda. Prinsip dari interior cafe haruslah memberikan kenyamanan serta membuat pelanggan ingin kembali lagi ke cafe anda dan mengajak teman untuk turut menikmati kenyaman cafe anda.


4. AKUNTAN
Perencanaan keuangan sangat mutlak diperlukan ketika anda akan memulai membuka usaha hingga usaha berjalan. Pembukuan dan laporan keuangan yang rapi dan akurat tentunya akan mempermudah anda mengontrol keuangan usaha yang dijalankan. Tanpa perencanaan keuangan yang benar benar matang bisa saja modal anda habis sebelum CAFE COFFE anda menunjukkan perkembangan yang diharapkan.


5. MODAL
Mendirikan CAFE COFFEE dengan modal patungan diantara teman-teman tentulah berbeda dengan modal pribadi. Untuk itu masalah permodalan harus dibicarakan secara matang, bagaimana bentuk perjanjiannya, apa yang menjadi hak dan kewajibannya, bagaimana sistem profit share nya dan hal-hal lain yang perlu dibicarakan bersama-sama. Harus dipahami jenis-jenis modal dalam usaha.


 6. MARKETING
Bisa saja anda sudah mendapatkan lokasi yang strategis untuk mendirikan CAFE COFFEE anda, tetapi lokasi yang strategis belumlah cukup untuk menentukan CAFE COFFE anda ramai dikunjungi orang. Pernanan marketing sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan CAFE COFFE anda. Bagaimana strategi market dilakukan merupakan hal yang sangat penting khususnya diawal berdirinya CAFE COFFEE anda. Buatlah event promo yang menarik, optimasi melalui jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter dan lain sebagainya. Penyebaran brosur juga saat ini dirasa masih cukup efektif untuk menjaring pelanggan maupun iklan di buku-buku acara tertentu.

7.  EKSTERIOR
Interior yang menarik juga belumlah cukup untuk mengundang para calon pelanggan datang berkunjung ke CAFE COFFEE anda. Faktor Eksterior juga sangatlah menentukan. Eye catching, yaa...apa yang membuat mata orang tertarik untuk melihat tampilan tampak luar dari CAFE COFFEE anda yang membuat orang tersebut penasaran dan ingin mencari tau dan mencoba apa saja yang ada di dalam CAFE COFFEE anda.

8. CITARASA
Apa yang membuat orang yang sudah mencoba makanan dan minuman di CAFE COFFEE anda ingin datang kembali berkunjung bahkan mengajak temannya untuk datang tidak lain adalah kualitas rasa makanan dan minuman yang disajikan disamping kenyamanan. Untuk itu tentunya ciptakan citarasa yang khas dan senantiasa terjaga kenikmatannya.



Sumber artikel : https://majalah.ottencoffee.co.id/




Hosting Unlimited Indonesia

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia