Wednesday 12 July 2017

Penyakit Autoimun dan Pemicunya


Apakah saat ini anda merasa stress...??

Berhati hatilah, karena bisa jadi anda sedang mengalami gejala penyakit Autoimun

Penyakit autoimun terjadi sebenarnya adalah akibat sistem imun tubuh anda menyerang diri sendiri akibat kesalahan pada sistem imun itu sendiri. Dan faktor penyebab mengapa sistem imun menyerang sel sehat di dalam tubuh kita hingga kini belum diketahui secara pasti.

Penyakit autoimun ini dapat mempengaruhi hampir seluruh bagian tubuh kita seperti ; otot, kulit, persendian, jantung, paru-paru, saluran pencernaan dan lain-lain. Dari data sementara hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit ini.

Tetapi ada baiknya anda ketahui apa saja jenis-jenis penyakit Autoimun

=Rematik=

Sistem imun yang menghasilkan antibodi dan menempel pada lapisan persendian akan menyerang sendi sehingga terjadi peradangan dan timbulnya rasa nyeri. Penderita penyakit rematik biasanya akan merasakan pembengkakan pada sendinya dan terasa kaku sehingga sulit untuk bergerak. Dan apabila diobati dengan obat rematik justru bisa mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen

=Lupus=

Umumnya penyakit lupus akan menyerang bagian organ tubuh, antarav lain ; paru-paru, ginjal, sel darah, kulit, sendi dan saraf. Gejala nya bisa berupa demam, berat badan menurun, terjadinya kerontokan, tiak tahan kena sinar matahari, dan suka kejang-kejang.

=Psoriasis=

Proses regenerasi sel kulit yang sangat cepat yang mengakibatkan terjadinya penumpukan pada permukaan kulit disebut dengan psoriasis. Ciri-cirinya kulit kemerah-merahan, tebal dan seperti bersisik, akan terasa gatal dan nyeri

=Radang usus=

Sistem imun yang menyerang lapisan usus akan mengakibatkan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan. Dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya radang kronis. Umumnya gejala yang dialami antara lain ; terjadinya pendarahan pada anus, diare, sakit perut, susah buang air besar, demam dan mudah capek.

=Diabetes mellitus tipe 1=

Sistem imun yang menyerang sel penghasil insulin di dalam tubuh akan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Hal disebabkan karena hormon yang mengontrol gula darah di pankreas kita telah rusak sehingga tubuh tidak bisa lagi memproduksi sendiri insulin yang dibutuhkan. Dengan kondisi demikian otomatis gula darah di dalam tubuh akan meninggi  dan dapat mempengaruhi mata, ginjal bahkan saraf.

=Sklerosis ganda=

Sistem imun yang menyerang sel saraf akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sumsum tulang belakang yang dapat juga mempengaruhi otak.
Gejala yang terjadi umumnya kurang fokus, mata rabun bahkan bisa jadi mata tidak berfungsi dengan baik, kebas bahkan bisa terjadi kelumpuhan. Gejala ini umumnya berbeda-beda pada tiap penderita tergantung tingkat serangan yang dialami.

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia