Monday 24 July 2017

RAHASIA MEMBUAT ARTIKEL VIRAL


Why Things Catch On karya dari Jonah Berger sangat menginspirasi sekali dalam membuat artikel yang bisa menjadi viral.

Apa saja sih sebenarnya rahasia dibalik viralnya suatu konten. Dalam buku Jonah Berger ini beliau memberikan 6 step rahasia yang harus anda ketahui agar artikel anda bisa menjadi viral.

STEPPS (Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, & Stories)

1.       Kebanggan Diri
Buat sebuah konten yang menarik dan orang merasa bangga untuk menshare konten tersebut. Artikel seperti ini biasanya artikel yang bermanfaat bagi semua orang.

Bisa saja anda membuat artikel yang positif dan bermanfaat. Artikel tersebut bisa berupa motivasi ataupun renungan.

Anda juga bisa membuat sesuatu artikel yang unik dan baru misalnya seperti membuat cerita bergambar, sketsa tulisan, atau yang lainnya yang sifatnya unik.

Atau anda bisa juga membuat artikel yang mengangkat topik tentang keberhasilan organisasi atau kelompok tertentu. Dan jika anggota kelompok atau organisasi tersebut membacanya maka besar kemungkinan mereka mensharing artikel tersebut.

2.       Mudah Diingat
Bagaimana cara membuat konten yang mudah diingat. Buat lah konten dengan mengandung istilah yang unik dan baru.

Kalau Anda menemukan sebuah konsep atau ide tertentu, lalu Anda menamakannya dengan istilah baru, maka orang lain akan semakin mudah mengingat konten Anda sebagai solusi permasalahan mereka.

Contoh:
Untuk memberikan istilah terhadap List Buliding anda dapat menamakannya dengan “Kolam uang”  atau istilah lain yang lebih pas menurut anda.

Kemudian gunakan gambar yang mendukung isi konten. Dan yang berikutnya adalah buat susunan tulisan yang rapi sesuai alur cerita nya.

Jangan terlalu banyak kata dalam 1 kalimat, jangan juga terlalu banyak kalimat dalam 1 paragraf. Sering-sering aja pencet "enter" di keyboard HP dan Laptop Anda.

Kalau paragraf dalam tulisan Anda mengandung banyak kata dan kalimat, pembaca tidak akan mengerti apa isinya. Yang seperti ini tidak enak dibaca.

Semakin mudah dicerna, semakin mudah pula untuk diingat. Berlaku sebaliknya, semakin susah dicerna, semakin susah pula untuk diingat. Think!

3.       BUATLAH TOPIK YANG POPULER
Kenapa jika ingin membuat artikel salah satu yang disarankan adalah dengan menggunakan tool google trending topic..??

Karena biasanya orang akan tertarik dengan topic yang lagi popular atau trend. Untuk saat ini barangkali anda bisa mengangkat topic seputar “Despacito”

Tapi poinnya, coba cari topik yang lagi hot, lalu buatlah versi Anda sendiri. Okey?

Atau bisa juga anda membuat artikel dengan kabar yang lagi heboh. Pernah anda ingat seputar orang yang memprediksikan akan terjadinya “hari kiamat sehingga orang beramai-ramai menjual harta bendanya kemudian naik ke gunung untuk menantikan kedatangan Tuhan..”

Nah…artikel artikel seperti itu bisa anda buat sehingga akan menjadi viral.

4.       EMOSIONAL
Ketika isi artikel anda bisa menyentuh hati si pembaca maka biasanya si pembaca tersebut akan menshare artikel anda kepada orang lain.

Oleh karena itu buatlah artikel yang mampu membuat orang lain kagum, terhibur, bahagia atau juga marah. Dan yakinlah artikel tersebut pasti akan di share.

Contoh sederhana saja. Pernah kah anda melihat video mengenai seorang ibu yang memperlakukan seorang anaknya yang masih balita dengan sangat kejam, memukuli si anak hingga lebam.
Anda bisa lihat bagaimana video tersebut bisa menjadi viral di facebook pada saat itu.

5.       GAMPANG DIPRAKTEKKAN
Ketika anda memposting artikel yang gampang dipraktekkan maka biasanya artikel tersebut akan mendapatkan angka share yang cukup tinggi.

Untuk itu apa yang harus anda lakukan dalam membuat artikel dengan nilai share yang tinggi..?
Pertama buatlah tulisan yang realistis, jangan yang abstrak.

Contoh nya “Tips meraih omzet 100 juta per bulan”

Kedua, Gunakan Tata Bahasa yang Dimengerti Kaum Adam & Hawa (Manusia).
Tidak perlu menggunakan istilah istilah yang sulit dimengerti agar kelihatan keren justru sebaiknya pergunakan istilah dengan bahasa sehari-hari

Ketiga, Rincikan Step by Stepnya.

Ketika anda mengangkat topik seputar solusi mengatasi sebuah permasalahan maka jelaskan secara detail langkah demi langkah. Sehingga orang akan dengan mudah mempraktekkannya.

6.       CERITA
Buatlah sebuah artikel tapi kesannya anda itu sedang bercerita tentang sesuatu sehingga pembaca anda menjadi terbawa dalam suasana cerita tersebut.

Kenapa orang cenderung lebih mudah mencerna isi sebuah cerita pendek dibanding isi sebuah text book atau buku materi perkuliahan..?


Karena di dalam text book kita itu tidak akan pernah seolah olah menempatkan diri kita sendiri di dalamnya, tetapi kalau dalam cerita pendek kita bisa saja menempatkan diri kita seolah olah kita lah yang menjadi pelaku di dalam cerita tersebut.


No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia