Wednesday 2 August 2017

MELATIH KREATIFITAS DENGAN 7 CARA KREATIF


Kreatifitas itu sebenarnya bisa dilatih dan dipelajari secara logis. Artinya setiap manusia sebenarnya mampu menciptakan ide-ide kreatif. Permasalahannya anda mau tidak untuk melatih kemampuan otak anda untuk menciptakan ide ide kreatif tersebut.
Untuk hal tersebut kita harus melatih kreatifitas dengan 7 cara kreatif berikut ini :

1.      DAPATKAN INSPIRASI LEWAT BIDANG ATAU INDUSTRI LAIN
Ketika anda sedang membuat artikel atau mendesain brosur ataupun landing page, pasti anda akan menggunakan minimal 3 jenis font, apakah itu Arial, Verdana atau Calibri dan yang lainnya. Pernahkah anda tahu kapan awalnya mulanya muncul berbagai jenis font tersebut.
Kalau lah pada saat itu Steve Jobs tidak mempelajari ilmu kaligrafi barangkali hingga saat ini kita tidak mengenal jenis jenis font tersebut. Nah apakah Steve Jobs belajar ilmu kaligrafi karena beliau ingin menjadi seorang pelukis handal dibidang kaligrafi, bukan….Justru dengan ilmu kaligrafi yang dia dapatkan dia memiliki segudang kreatifitas untuk mendesain berbagai jenis font.
Ide ataupun kreatifitas bisa muncul darimana saja, dan umumnya muncul pertama sekali dari inspirasi. Kapan datangnya Inspirasi…?? Di saat anda melamun bisa muncul inspirasi, ditengah kemacetan bisa muncul inspirasi, di antara tumpukan sampah sekalipun bisa muncul inspirasi.

2.      RESET PIKIRAN ANDA
Akan lebih mudah mendesain sesuatu sejak dari awal dibandingkan mendesain sesuatu yang sudah terbentuk dari awal dengan kondisi yang berantakan atau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.
Anda pasti punya anak kecil atau minimal pernah punya anak kecil. Coba anda perhatikan bagaimana si anak tersebut dengan mudahnya bisa mempelajari sesuatu hal yang baru dan akan selalu bertanya ketika dia terbentur dengan sesuatu yang mengganggu.
Orang tua nya pasti akan mudah untuk membimbing dan mengarahkannya. Demikian juga dengan kondisi bisnis saat ini, kenapa banyak yang kollaps dan tidak mampu untuk bersaing di era digital ini..??
Ibaratnya seseorang yang mengaku sudah expert dan memiliki banyak pengalaman di dalam menjalankan bisnis nya selama ini biasanya enggan untuk belajar lagi terutama kepada yang muda dan kurang mau untuk mengupgrade ilmu yang telah dia miliki.
Sementara ilmu yang dia miliki sebenarnya sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan yang terjadi saat ini. Akibatnya dia akan terbentur dengan persaingan yang sangat kuat dan tidak mampu untuk menahan gempuran dari digital marketing akhirnya dia kollaps.
Jika bisa, memang kita harus me reset kembali pikiran kemudian mengisinya kembali dengan ilmu pengetahuan yang terupdate saat ini. “I know nothing” bukan berpikiran “I already know”.

3.      RILEKS
Anda pernah melakukan meditasi..?
Apa sih tujuan seseorang melakukan meditasi. Apakah ingin mendapatkan wangsit atau semacam petunjuk..?? Kalau kita menonton film film kolosal ya bisa jadi salah satu tujuan para pendekar melakukan meditasi adalah untuk memperoleh petunjuk. Trus..apa korelasinya dengan kondisi jaman digital ini..?
Ditengah kesibukan serta kepadatan sekarang ini maka tingkat stressing otak kita sangat tinggi sekali, hal ini justru akan memicu melemahnya kemampuan otak untuk memunculkan ide kreatif.
Coba lah sesekali mencari waktu dengan cara merefresh otak anda melalui meditasi, atau berkunjung ke suatu tempat yang menyenangkan atau melakukan suatu kegiatan yang bisa membuat otak anda menjadi segar, misalnya jika anda senang berburu, silahkan ajak teman-teman anda untuk melakukan semacam kegiatan perburuan.
Selain itu anda juga melakukan kegiatan meditasi seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Ambil tempat dan waktu yang tenang, anda bisa bantu ketenangan meditasi anda dengan memasang musik meditasi dalam bentuk instrument.
Intinya adalah usahakan jangan sampai pikiran anda pada posisi “overload” segera refresh dengan rileks.

4.      JALAN JALAN
Mengunjugi tempat tertentu apalagi tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya maka biasanya akan muncul semacam inspirasi dalam pikiran kita. Inspirasi tersebut bisa muncul dari rasa kagum, heran, iba dan yang lainnya.
Anda mungkin sudah pernah jalan jalan ke Bali atau pun ke Jogya atau mungkin ke Papua. Disana anda melihat berbagai keindahan alam trus begitu anda kembali ke tempat asal anda, bisa jadi akan muncul ide kreatif dalam pikiran anda untuk menjual info mengenai keindahan tempat tersebut.

5.      DAPATKAN IDE DARI TEMAN
 Coba minta saran, kritik atau pendapat dari saudara, teman sepermainan atau sekantor atau teman dalam satu perkumpulan tentang ide anda atau topik tertentu. Karena ide kreatif bisa juga muncul justru dari sudut pandang yang berbeda yang belum pernah terpikirkan sama sekali oleh kita.
Jangan pernah merasa sungkan atau enggan untuk sharing kepada teman jika anda punya ide, karena bisa saja ide yang anda pikirkan memiliki sesuatu kendala dan dari beberapa pemikiran teman teman ketemu solusi terhadap kendala tersebut atau dari pemikiran teman teman muncul ide kreatif baru untuk semakin mengembangkan ide awal anda.

6.      APA KEINGINAN ANDA SAAT INI, LAKUKANLAH..!!!
Jangan kekang apa yang menjadi keinginan anda. Apa yang ingin anda lakukan yang mungkin anda tahan dari kemaren..?? Lakukan sekarang. Lupakan saja sementara beban permasalahan anda, beban hutang ataupun apa saja yang membebani pikiran anda.
Puaskan saja keinginan hati anda, karena dengan demikian maka tingkat stress yang anda hadapi sebelumnya itu biasanya akan berkurang sangat drastic sehingga ketika anda mulai lagi untuk menghadapi segala persoalan tadi, akan lebih tenang dan terkontrol untuk mencari penyelesaiannya.

7.      EKSPERIMEN KEMAMPUAN ANDA
Berbisnis itu sebenarnya unik dan asyik, memiliki liku liku dan senantiasa dinamis. Apakah sebelumnya anda sudah pernah berjualan ayam goring..?? Jika belum coba anda lakukan berjualan ayam goreng. Anda pasti akan menemukan sesuatu yang unik disana nantinya, dan dari sana nantinya anda bisa putuskan cocok kah anda untuk berjualan ayam goreng atau tidak.

Kemudian coba lagi lakukan berbagai peluang usaha yang menurut anda bisa anda lakukan, dan lihat hasil serta progressnya, apakah jenis usaha tersebut cocok untuk anda kerjakan dan memberi rasa nyaman serta sesuai dengan passion anda. Banyak ide peluang usaha yang bisa anda lakukan dalam ber eksperimen. Silahkan mencoba dan trus lah ber kreatifitas 

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia