Thursday 22 June 2017

Sejarah Berdirinya Bisnis Affiliasi



Program Affiliasi merupakan sumber penghasilan yang sangat buat para affiliator handal. Awal mula berkembangnya program affiliasi ini sebenarnya tidak jelas.

Namun dari pendapat beberapa ahli yang mencoba menggali sejarah perkembangan affiliasi demikian pendapat mereka.

Amazon.com
Laporan dari sejarah perkembangan bisnis Amazon.com memiliki kredit point yang paling tinggi dalam hal memperkenalkan program affiliasi. Menurut pendapat para ahli, kala itu Jeff Bezos terlibat perbincangan dengan salah seorang wanita di sebuah pesta koktail. Wanita tersebut memiliki website dan ingin menjual buku tentang perceraian.
Mr Bezos pun menawarkan untuk menempatkan sebuah link dari wanita tersebut di situs Amazon.com sehingga setiap orang yang meng klik link tersebut akan membeli buku dan dia mendapatkan komisi dari setiap buku yang terjual.
Sejak saat itulah Amazon.com mengklaim bahwa merekalah pencetus pertama sekali program affiliasi.

1998-Commision Junction
Commicion Junction diluncurkan pada tahun 1998 dan hingga kini merupakan salah satu jaringan affiliasi paling sukses. Yang kemudian diikuti oleh ClickBank dan berkembang pesat hingga saat ini.

2013-Evolusi Affiliasi Marketing
Pada tahun 2013 Amerika Serikat mengenalkan sebuah regulasi dengan nama Marketplace Fairness Act, Dalam hal ini seluruh vendor nasional harus mengumpulkan pajak penjualan. Selama beberapa tahun kedepan pemerintah dan FTC pun bekerjasama menemukan cara cara yang terbaik dalam menerapkan pajak pada bisnis online.

Demikianlah seterusnya hingga saat ini banyak perusahaan perusahaan baik di internasional maupun nasional berkembang pesat menerapkan sistem pemasaran online dengan program affiliasi.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan sistem pemasaran berbasis affiliasi antara lain :
Lazada.co.id
Ratakan.com
idaff.com
sb1m.com
dewaweb.com
pegipegi.com






No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda disini

Hosting Unlimited Indonesia